Back to Putih Biru

6

December 2, 2011 by kanesty

Pejamkan mata terulang kembali
Tertulis keras hadirkan fantasi
Tak terasa berakhir disini
3 tahun terindah takkan terulang lagi
 
 
Putih abu biru takkan kembali
Putih abu biru takkan kembali…
 
(Tergila-Rocket Rockers)
 

Ini yang terlintas pertama kali waktu mau ngerjain peer ini. Lagu ini sering diplesetin sama temen saya, gv waktu smp. Waktu itu emang lagi booming-boomingnya emang band indie, ya salahsatunya Rocket Rockers ini. Emang pas dipikir-pikir, banyak banget memori yang tertinggal tentang SMP ini. Sampe saya nanya, “beneran nih cuma boleh lima?” hahaha.

Sampe detik ini, saya berdoa supaya yang ngasih peer, Ilham ga nyesel ngasih saya kesempatan buat curhat disini.

penampakan SMP 1 dahulu kala

Saya ngelanjutin SMP yang sama kaya kakak saya, SMPN 1 Bandung. Masih keitung cluster 1 di kota Bandung. Sempet ditawarin sama kepala sekolah pas SD buat ikut testing di SMP N yang lebih bagus, yaa SMP N 2 Bandung aja deh, mampu ko kamu, gitu kata beliau. Tapi dasar masih ingusan (err konotatif ya), ga ngerti prestise, saya sih simpel aja mikir, “ah ngga ah, males. Nanti kalo sekolahnya bagus harus belajar terus dong.” Terus saya kekeuh aja daftar di sini. Alhamdulillah diterima, masih inget waktu itu ranking 63 haha. (Angkatan saya ngga pake NEM, tapi pake testing lagi waktu itu di SMP masing-masing).

Setelah ditimbang-timbang, ini lima momen yang paling worthed diinget pas SMP:

1. Ga Masuk Hari Pertama MOS Gara-gara Kecelakaan

Krik-krik banget ya..momen pertamanya sedih gini. Gara-gara motornya nabrak anak yang nekat nyebrang jalan. Atau lebih tepatnya mungkin ga bakat nyebrang jalan. Waktu motor dipelanin (mempersilakan anaknya buat nyebrang ceritanya), si anaknya diem aja. Karena dikira Aa (yang bonceng waktu itu) dia ga akan nyebrang, yaudah akhirnya jalan terus. Eh tau-tau si anak malah loncat ke depan ==”. Karena seragamnya keburu kotor dan Aa juga luka, plus motornya ditahan sama warga setempat, akhirnya kita berdua pulang.

Yang uniknya adalah, selama tujuh hari berturut-turut sebelumnya saya ngimpiin peristiwa ini. Dari mulai cuma kedengeran suara motor, sampe pemandangan aspal yang emang saya liatin sebelum nyadar kita tabrakan. Setelahnya pun saya kadang-kadang suka cenayang, tapi ngga ada yang sejelas itu lagi. Lagian biasanya kejadian-kejadian yang lain malah ga penting.

2. Di-set-rap

Ayolah, masa udah kelas dua smp masih distrap? Gurunya aneh-aneh aja 😐

Ceritanya pas pelajaran ekonomi nih, kita disuruh ngerjain lks dua bab. Saya yang punya hobi aneh waktu itu (ngisi lks di rumah kalo lagi ga ada kerjaan), otomatis udah selesai duluan. Abis meriksa lks dua kali, saya bosen terus akhirnya nyalin teks lagu di binder bareng temen sebangku saya, Ia.

Eeh tau-tau Ibunya berdiri di samping kita, ngambek karena kita ga ngerjain, akhirnya distrap di depan kelas. Ihik :'(. Setelah diperiksa, si Ibu dengan jumawa nanya ke temen yang meriksa LKS kita, dan untungnya nilainya gede, 93 dari nilai tertinggi 96. Saya cuma ngedumel dalam hati, “eat that, bu :p”. Akhirnya Ibunya ngga punya alesan buat belagu lagi, cuma bilang ke kita, “meski udah bisa, jangan kaya gitu lagi ya.”

ah whatever lah bu.

Untung anak-anak kelas juga ga ada yang memperpanjang, bahkan yang biasanya usil sekalipun. Entah citra kita yang pendiem dan manis (err oke, cuma Ia doang kalo itu mah) atau mereka serem liat muka saya ngedelik ke si Ibu sepanjang waktu u.u.

Eits, ceritanya belum berakhir di sini.

Sepulang sekolah, saya ketemu sama temen kelas satu dulu. Dia nanya, “Eh kenapa muka kamu kusut banget?” Terus saya cerita deh. Pas tau yang nyetrap saya bu guru ekonomi, eh dia puas banget ngetawain saya. “Hahahaha, Bu ********* yaaaa?!!!” keras banget. Padahal, di angkot itu ada anaknya si Ibu.

…. begitulah akhirnya kita berdua selama setahun penuh suka pura-pura ga kenal kalo papasan sama anaknya  Ibu ekonomi itu.

3. Like a Father, Like a Friend

Yap, pasti di tiap-tiap sekolah suka ada guru yang unik atau nyentrik, dan seenggak-enggaknya pastilah ada satu guru yang deket sama kita.

Salahsatu guru yang paling memorable waktu itu Pak Hendy, beliau ngajar matematika waktu saya kelas satu. Orangnya suka sksd sama murid-murid tertentu, haha. Entah kenapa, saat-saat pertama ngajar, adaa aja kelakuan saya yang bikin Bapaknya marah sampe meledak-ledak. Dari mulai pas belajar himpunan, karena saya ngerasa bikin {} itu susah, saya ganti aja jadi ().Marah. Terus bercanda sama temen saya pas beliau nerangin (ok, sialnya saya ketangkep basah), marah lagi. Abis itu kan jadi sebel sama temen saya tuh, abis dia yang mulai. Terus saya ngacungin jari tengah deh ke dia (cowo kebetulan, kalo cewe mah sadis ya. meski saat itu saya cuma ikut-ikutan dan ga ngerti artinya, haha). Keliatan lagi sama Bapaknya. Marah lagi sampe geleng-geleng kepala, “Hadooooh…..” katanya, frustasi. Yaa maap pak, saya kan ga ngerti :D.

Tapi abis kejadian itu akhirnya kita baikan (?). Jadi (salahsatu) murid kesayangannya waktu itu soalnya nilainya gede terus. Pas naek kelas dua juga, diajakin ikut lomba meski saya ga diajar lagi sama beliau. Diajak-ajakin gitu deh kalo ada kompetisi, meski saya ngga pernah minat sama kompetisi, apalagi akademis. Pernah juga Bapaknya pundung (bahasa Jawanya: mutung) karena saya ngga hadir seleksi olimpiade matematika, padahal udah janji sama beliau. Abisnya pas hari-H saya cacar. Meski saya udah jelasin, tetep aja Bapaknya cemberut waktu papasan sama saya beberapa waktu.

Sempet sekali dua kali saya papasan sama beliau di Salman waktu itu, entah Bapaknya lagi ngapain. Komentarnya waktu itu, “Sekarang mah udah baik yah. Ih dulu mah gaya, maennya juga (*siap-siap ngingetin insiden jari tengah*)” dan langsung saya potong, “Aaaaaa jangan diceritain Paaak, iya sekarang mah udah baiiik, udah baiiik.” huhu.

4. PMR B-002

Sebenernya saya sempet ikut beberapa eskul di SMP: PMR, Padus, Hamka (kaya rohis gitu) tapi yang bertahan cuma PMR. Kalo disini, selama setahun pertama siswa wajib hukumnya ngikutin ekstrakulikuler yang dicap wajib: Pramuka, PMR, PKS (pasukan keamanan sekolah), dan Brikara (barisan kibar bendera). Yang paling populer waktu itu Brikara. Iyalah, kan gaya.Seragamnya bagus, terus keren aja bisa bentuk formasi-formasi kaya gitu. Tapi karena dulu masih punya cita-cita jadi dokter,saya milih eskul PMR.

Eskul wajib itu, untuk bisa dilantik aja perjuangannya beuh, berat. Pertama kali digojlog (apa ya bahasa Indonesianya, saya amnesia. Ya kalo ospek aja gimana), baik pas kelompok atau sendiri-sendiri, tegang :|. Tapi selain itu banyak yang hal yang menyenangkan juga.

Kapan lagi bisa nyanyi Balonku ada Lima sambil lari-larian keliling sekolah pas jam istirahat kalo bukan karena PMR?
Kapan lagi bisa jurit malem di kuburan Pandu-Sirnaraga?
Kapan lagi punya pengalaman ga mandi hampir tiga hari karena Camping Pendidikan Dasar?
Kapan lagi bisa telat upacara tapi ga dimarahin karena bisa langsung masuk sekre PMR dan pura-pura piket?
Kapan bisa nongkrong tiap pulang sekolah sampe maghrib, ngobrol bareng temen sambil ngurusin yang sakit? *lalu ditabok sama si Akang gara-gara nyeritain efek sampingnya aja*

5. Belajar: suka-suka, tapi dihayati sepenuh hati

Yang saya inget, saya kebanyakan maennya daripada belajar. Rasanya jaraang gitu duduk manis di meja baca buku. Tapi kalo lagi ga ada kerjaan, saya malah hobi ngisi LKS sambil nonton TV. Makanya peer tetep selesei meski saya suka pergi pagi pulang malem (dan itu buat maen), karena peernya udah selesei duluan sebelum ditugasin. Bahkan pas UAN pun kerjaan saya malah baca komik seabreg-abreg. Tapi tetep  dapet predikat sebagai salahsatu alumni terbaik. Karena dasarnya suka kali ya, jadi jarang belajar pun tetep dapet nilai bagus. Karena sekalinya belajar, pake hati :3 *tsaah. Miris rasanya kalo ngebandingin sama jatuh-bangunnya ngadepin ujian pas SMA sama kuliah, hahaha.

Tapi kalo saya udah ga suka atau antipati sama pelajaran tertentu, ya nilaipun tak bertepuk sebelah tangan. Kalo yang ngandelin fitur fisik kaya penjaskes, tata busana, sama karawitan jelas lah ya, saya ga bakat. Terus pelajaran Komputer. Tahun pertama, saya cuma pernah masuk tiga kali karena: 1. meski sama sekolah dibilang pelajaran wajib, buat saya itu eskul karena mata pelajarannya ditulis di bagian eskul 2. belajar tentang DOS dan LOTUS123. Hellooooo…buat apa belajar yang kaya gitu? Ketinggalan jaman banget. Sampe akhirnya saya dapet nilai C sendiri di kelas, saya tetep biasa aja. Baru pas tahun kedua dan seterusnya, pelajarannya masuk windows saya baru masuk. Hmm jangan ditiru ya, anak-anak..

Gitu deh. Saya nakal ya, haha emang iya. Yes I did young (ngomongnya berasa udah tua cyiin) and did stupid things. But thanks God I did it while I was young :p. kan ga lucu udah tua kelakuannya ga bener. Soal cinta? yaaa, saya punya yang namanya kecengan..kecengan sejuta umat tapi. Kalo lagi musim dikecengin, kalo ada tren yang baru lagi ya ditinggal, hahaha. Kalo dibandingin sama temen-temen yang lain, saya begernya telat..heu.

Udah deh. Semoga Ilham ga nyesel udah bikin saya punya kesempatan curhat dan publish foto memento smp (yang dari kemarenan pengen dipublish tapi males nulis tentangnya) :D. Buat siapa aja yang mau,,ayoo kerjaiin. kita samain peernya :p.

Advertisements

6 thoughts on “Back to Putih Biru

  1. ~Amela~ says:

    waaah, ga nyangka ternyata edis dulunya bandel.. 😛
    tapi sekarang udah baik deh ya 😀

  2. juniblossom says:

    waah edis ternyata waktu smp kayak gini, ckck… edis nakal ya, hehe…v

  3. Tria Satria says:

    saya kebetulan pelatih PMR sekarang, angkatan berapa kira2 nih PMR nya ? main2 atuh ke smp dateng ke PMR nya …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: