Samapta Part 0: Pengantar

2

August 14, 2012 by kanesty

“Yaelah, udah janji sebulan yang lalu mau cerita tentang samapta, eh sekarang masih ada pengantarnya pulak. Jangan-jangan ini alibi biar penulisnya bisa ngulur-ngulur lagi =..=”

Hehe, mohon maaaffff.. sejak beberapa waktu lalu saya ga bisa log in ke wp, padahal pake laptop sendiri, pake modem sendiri. Ada apakah gerangan? Saya tak tahu. Ini saya lagi OL pake komputer kantor (di tengah pekerjaan pula. Untungnya ngga mepet deadline u.u), dan mumpung bisa log in, jadilah saya ga buang-buang waktu untuk mencicil utang saya: cerita tentang samapta.
Apa sih samapta? Seberapa spekta si samapta itu sampai harus saya ceritakan dalam beberapa part? Mungkin banyak yang belum tahu. Jujur, sebelum saya dapat surat panggilan untuk mengikuti diklat ini, saya juga ngga tahu menahu soal samapta. Pertama kali saya mendengar kata ini adalah saat saya mengikuti penyambutan pegawai (harian, honorer, hapapun namanya. yang pasti ngenes karena ga diakui sebagai cpns akibat moratorium) di DJBC. Kami yang hadir diikutsertakan dalam upacara penutupan DTU Kesamaptaan Angkatan I tahun ajaran 2012. Yang saya lihat, barisan orang yang berpakaian sama, berslayer di kepala, bahkan gendernya pun sulit dibedakan =.= . Mereka menampilkan 3 macam atraksi: PBB, PBB bersenjata (ada nembaknya juga loh), dan karate. Tetapi, sungguh upacara itu samasekali tidak mencerminkan esensi samapta yang sesungguhnya.

Samapta itu…

Sungguh, ikut samapta itu bukan supaya kita bisa PBB bersenjata ataupun mahir karate dalam satu bulan saja. Apalah esensi seorang PNS dapat menguasai PBB bersenjata atau karate. Kita bukan Paskibra ataupun pembasmi preman pasar. Tentu ada tujuan yang jauh lebih esensial daripada penguasaan terhadap  hal-hal seperti itu. Jadilah saya mencar-cari tahu di internet.

Pertama kali saya googling, saya menemukan bahwa kata SAMAPTA berasal dari bahasa sansekerta yang artinya: Pembantaian.

*kemudian saya shock

Tak mau percaya pada definisi di atas, saya langsung membuka situs Pusdiklat BC. Deskripsinya mengenai DTU Kesamaptaan:

Diklat Kesamaptaan ini dimaksudkan untuk membentuk sikap, kepribadian, etika, integritas, kerjasama, serta ketahanan mental dan fisik yang baik guna menunjang pelaksanaan tugas.

Tapi sayangnya, saat saya mendengar pengalaman-pengalaman senior di tempat kerja (yang mereka ceritakan dengan semangat), definisi pembantaian itu lebih mendekati kenyataan ^^. Cerita masuk dan berendam di got, sit up,  push up beratus-ratus kali, bentakan pelatih yang jadi makanan sehari-hari, dicabut haknya menjadi manusia, bahkan ada yang jadi korban kekerasan fisik (jaman duluuuu), berbagai penyakit dan memar, berulang-ulang dikisahkan oleh orang yang berbeda. Berasa ospek tingkat dewa yaa :O. Namun di akhir cerita itu, simpulan mereka selalu sama: yah, jadi ada cerita yang layak dikenang bersama.

Yah, saya belum dapat mendefinisikan kesamaptaan secara pasti hingga saya sendiri menjalaninya hingga tuntas. Kesamaptaan, dalam pandangan saya, diklat yang berfokus pada fisik dan mental kita. Ya, benar samapta itu pembantaian. Tenaga kita dikuras habis, fisik kita benar-benar ditempa. Seperti cangkir yang harus diinjak, dibanting, diputar-putar, lalu dibakar dalam proses pembuatannya, penempaan fisik pun bukan sesuatu yang ringan. Berat, pahit rasanya. Setelah mencapai titik lelah, masih juga di’gojlok’ oleh pelatih. Disinilah mental kita benar-benar diuji.

“Nanti pas samapta, keluar tuh semua sifat kalian. Ada yang mau menang sendiri, ada yang ngga sabaran, ada yang mau enak sendiri, ada yang mau sok pahlawan. Berantem tuh udah biasa. Tapi dari  situ, kalian beneran kenal satu sama lain. Abis itu kompak deh.” Cerita seorang senior saya.

Begitulah, potongan-potongan informasi yang serupa namun tak sama ini menjadikan saya pasrah dalam menghitung hari-hari kedatangan samapta :). Selanjutnya, mari kita lanjutkan dengan The Real Samapta Stories >:).

 

Next >>

Advertisements

2 thoughts on “Samapta Part 0: Pengantar

  1. adichal says:

    Dari kbbi samapta: siap siaga kaka.. :3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


me? random & unpredictable.

i’ve got this :D

August 2012
M T W T F S S
« Jun   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: