Kalau tiba-tiba Ingat saat Shalat…

2

October 30, 2012 by kanesty

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ada sebuah anekdot yang berkata, “Jika kamu mencari suatu barang, maka shalatlah!”

Seringkali hal yang kita ingin ingat, meski sudah berusaha mengingat-ingat namun tetap lupa juga, eh, malah tiba-tiba ingat saat shalat. Saking gigihnya setan untuk mengagalkan khusyunya shalat kita, atau memang kitanya aja yang payah mengkhusyukan diri saat shalat.

Hal tersebut juga saya alami. Apalagi sewaktu belajar shalat malam. Di tengah rakaat pertama tiba-tiba teringat sesuatu. Entah urusan ini atau urusan itu. Atau ide ini ide itu. Lalu saya niatkan untuk ‘menindaklanjuti’ hal tersebut setelah shalat malam. Eh ternyata, saat saya selesai shalat dan berdoa, selesai beres-beres, saya jadi lupa lagi :|. Geregetan, kan.

Akhirnya, saya suka meletakkan memo dan pulpen di samping sajadah saya. Kalau tiba-tiba saya kepikiran sesuatu, setiap selesai satu sesi, saya selalu menuliskan hal tersebut di memo tersebut. Hasilnya, saya jadi ngga perlu repot-repot mengingat hal tersebut di sesi berikutnya dan bisa dengan tenang mengerjakan hal tersebut kemudian.

Pertama kali saya mempraktikkan hal tersebut, bisa ada lima sampai tujuh poin yang saya hasilkan lho. Bukan main (payahnya saya untuk khusyu, huhu). Tapi makin lama, insya Allah malah kejadian seperti itu hilang dengan sendirinya kok.

Ssst..berarti setannya nyerah dan nyoba ganggu kita dari celah lain! Waspadalah, waspadalah!

2 thoughts on “Kalau tiba-tiba Ingat saat Shalat…

  1. abi_gilang says:

    Paling sering malah lupa jumlah raka’atnya 🙂

Leave a Reply

