NL on Kado Nikahan

2

November 28, 2014 by kanesty

Yak…mari kita beralih seri: from Bride to Be  to  Newlywed’s Life

Hal yang menyenangkan setelah resepsi selesai adalah: Membuka kado. Kebetulan banget hal yang paling saya sukai selain belanja-belanji adalah dapet kado. Dapet paketan dari OL shop aja saya seneng banget, apalagi dapet kado kan (eniwei, siapa sih yang ngga suka dapet kado? hehe). Jadilah sehari setelah resepsi, dengan semangat saya dan kangmas membuka satu per satu kado yang membukit-bukit di rumah.

Rasanya haruu banget dapet kado dari teman dan keluarga. Teman lama, keluarga jauh, rasa-rasanya bahagia banget membaca do’a-do’a dan nasihat untuk kami. Merasa dihujani cinta dan kasih sayang, ehehe.

Dan selain do’a, tak kalah bermanfaatnya kado dan amplop dari para tamu undangan :D. Moga Allah membalas berlipat ganda atas kebaikan-kebaikan para tamu undangan pada kami sekeluarga 0:)

O ya, sebelum nikah, saya ditanya sama beberapa teman dan rekan kerja, mau dikadoin apa nih?

Dengan rajinnya saya me-list barang rumah tangga yang belum sempet saya cicil dan memperlihatkannya pada temen yang nanya dari jauh, via whatsapp (karena menyicil kebutuhan rumah tangga untuk kehidupan Rumah Tangga adalah salahsatu bentuk meringankan kewajiban suami menyediakan tempat tinggal 🙂 )

Perasaan saya cuma share ke dua orang aja. Tapi setelah saya dan kangmas buka-buka kado, entah kenapa rasanya semua list yang saya buat itu terpenuhi semua! Senangnyaa 😀

Mungkin buat kebanyakan orang yang mau nikah, sungkan menjawab mau dikado apa. Takut over-budget juga dari kemampuan yang nanya. Padahal sebenernya orang lain nanya itu niatnya biar kadonya kepake gitu. Itu yang mendasari saya bikin list. Yang bertanya bisa bebas memilih kado sesuai seleranya, yang ditanya juga kebutuhannya dapat terpenuhi, dan pastinya kadonya itu bermanfaat 🙂

—————————————————————————————————-

Buat yang sekiranya bingung mau ngasih kado apa buat pernikahan temen atau saudara, ini alternatifnya:

1. Emas / Perhiasan Emas

Sebagai kado dari komunitas yang beranggotakan 10 atau lebih, kado ini bisa jadi alternatif. Kalau dihadiahin ke pengantin cowok, emas keping bisa jadi aset. Kalau dihadiahin ke pengantin cewek, bisa dalam bentuk perhiasan. Selain jadi aset juga bisa jadi aksesoris. Simple bawanya ke nikahan, gausah repot angkat-angkat. Jumlah anggota yang banyak juga menjadikan iuran ga terlalu berat.

2. Perlengkapan Tidur

20141013174807

Sprei dan Bedcover udah jadi kado klasik buat setiap pengantin baru. Pilihan aman karena pasti kepake, meski entah giliran ke berapa :D. Saya rasa pengantinnya bakal seneng-seneng aja punya stok sprei banyak buat ganti-ganti suasana (atau itu cuma saya aja?).

Saran sih, kalau sudah tahu domisili penganten baru setelah menikah, bisa juga mempertimbangkan bahan sprei. Bahan tebal dan hangat untuk mereka yang tinggal di daerah adem, dan bahan dingin dan menyerap keringat untuk mereka yang tinggal di daerah panas.

20141013090650

Selain itu, bisa juga ngasih piyama couple (saya dapat dan saya seneng banget! unyu-unyu gimana gitu :3), atau lingerie kalo emang udah kenal deket dan tau bakal kepake. Tapi untuk yang terakhir siih, saya ngga gitu menyarankan karena bukan pilihan yang safe secara umum.

3. Perlengkapan Dapur

20141013175558

Fyi, inilah yang mendominasi sebagian besar list saya 🙂

Mulai dari kompor, wajan, spatula, blender, oven, rice cooker Alhamdulillah dari kado semua :’)

Kecuali pengantin wanitanya sudah niat ngga akan masak, alat dapur ini sangat membantu nantinya :). Pada praktiknya, sebagian besar alat dapur yang dihadiahin kemarin sudah saya pakai untuk membuat sesuap (centong) nasi dan lauk pauknya. Malah ada yang udah bonyok karena saking seringnya memainkan peran. Makasih banyak yang ngadoin, kado Anda membuat kami bisa bertahan hidup :’)

Sekalian promosi, hehe. Ada satu alat (saya beli sendiri sih, tapi) saya rasa bagus untuk alternatif kado:

sumber: tokopedia

sumber: tokopedia

pemotong serbaguna! alatnya simpel dan praktis. Buat orang kantoran kaya saya, alat pemotong ini menghemat banyak waktu saya dalam membersihkan dan memotong sayuran. Selain pemotong ini, blender juga membantu banget untuk menghaluskan bumbu.

P.s. Buku Aneka Resep masakan juga bisa jadi pilihan kado lho ;). Pilih yang simple untuk pengantin dengan skill pemula, dan kalo pengantin wanitanya ketahuan hobi masak dari jaman dulu, bisa deh dikasih buku resep yang advance :D.

4. Peralatan Makan dan Food Saver

20141022061910

Tea set dan tu***ware set mendominasi jenis kado yang saya terima selain sprei. Alhamdulillah berbeda-beda jenisnya dan insha Allah semua bermanfaat. (Lagi-lagi) sebagai orang kantoran, sangat membantu kalau saya nggak perlu belanja sayur tiap hari. Sayuran hijau saya petiki daunnya dan saya simpan dalam kotak dan voilaa!! daunnya bertahan tiga kali lipat lamanya dibanding dimasukkan begitu saja dalam kulkas! Alhamdulillah sangat mempermudah 🙂

5.  Kain/Baju Sarimbit

20141013085659

Kain untuk dijahitkan atau baju couple juga bisa jadi alternatif kado. Saya senang sekali dapat bermacam-macam kain, meski belum bisa dijahit semuanya sekarang, kainnya akan terpakai nanti seiring perkembangan badan saya dan suami, hehehe.

Oh ya, kalau memilih baju untuk dijadikan kado, pastikan tahu ukuran baju masing-masing pengantinnya. Agak gimana gitu kemarin dapat baju dengan ukuran di bawah suami, padahal aslinya size baju kami sama :’). Sayang sama bajunya…kalo udah melebar terpaksa bajunya harus dilengserkan kepada yang lebih pantas memakainya :’)

6. Yang berhubungan dengan hobi Pengantin

20141110135942

Untuk yang sudah kenal baik sama pengantinnya, jangan ragu ngasih kado yang mendukung hobi pengantin. Alhamdulillah saya dapet beberapa kado buku dari teman-teman (meski ada yang ngga mencantumkan nama, jadi bingung) dan semuanya belum saya punya 😀 (mungkin yang ngado ngetrack Goodreads saya?). Moga kadonya full barokah, ga cuma dibaca tapi juga diamalkan 0:).

7. Voucher

Kalo pusing dan ngga mau salah sasaran, kado voucher bisa jadi alternatif juga. Sekarang ini kan banyak swalayan besar yang menyediakan voucher belanja dengan masa berlaku lumayan panjang. Cara dapetinnya, bisa beli di swalayannya langsung 🙂

Moga bermanfaat!

Advertisements

2 thoughts on “NL on Kado Nikahan

  1. Faraziyya says:

    Aih, postingannya praktikal deh 😝
    Tfs, ediiss.
    Wait, ada yg ngadoin emas? Heee aku baru tau alternatif itu. *ketauan banget alternatif hadiah aku ya yg umum aja 😞

    • kanesty says:

      iya mbaak kalo yg urunan 20-30 orang gitu buat satu orang kan baiknya bisa ngadoin yg antimainstream dan bagusnya yg antimainstream itu long-lasting :D. Ini berdasar pengalaman ngadoin juga kok hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: